Masih Jadi Negara Importir Minyak, Dengan Kesempatan Pengembangan EBT Negara Indonesia?

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara net importir minyak. Sementara ada kerinduan dan tuntutan untuk terus memaksimalkan daya hijau untuk masa depan bumi yang lebih bagus.

Indonesia mengimpor minyak mentah selama periode Januari – Februari 2024 menempuh volume 2,6 juta ton dengan nilai menempuh IDR 25,5 Triliun.

Situasi geopolitik yang memanas tentu akan membebani alokasi impor. Sejatinya situasi ini bisa menjadi momentum bagi Indonesia untuk bisa memberdayakan dan memaksimalkan sumber daya dari dalam negeri.

Apalagi, sumber daya dalam https://www.freshnytrees.com/ negeri tersebut bisa berasal dari daya bersih dan rendah emisi karbon. Ini juga akan paralel dengan visi pemerintah untuk menempuh Net Zero Emissions (NZE) pada 2060 atau lebih pesat.

Salah satu sumber daya baru terbarukan (EBT) yang bisa dimanfaatkan yaitu daya surya (solar). Indonesia memiliki potensi sumber daya daya terbarukan yang signifikan lebih dari 3.600 Giga Watt (GW) dengan potensi daya surya (solar) lebih dari 3.200 GW.

Itulah sebabnya, Indonesia perlu mempercepat pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan potensi Indonesia untuk mengerjakan transisi daya pun semakin terbuka. Bercermin ini tentunya tetap perlu dukungan dari para pelaku usaha dan industri. Bagaimana setiap-setiap perusahaan bisa lebih sadar untuk mulai mengerjakan transisi daya.

Kecuali dari hal tersebut, MMS Group Indonesia untuk mendorong dan mempromosikan praktik industri yang berkelanjutan dan ramah lingkungan melalui transisi daya yang berkeadilan.

CEO MMSGI Sendy Grety mengungkapkan transisi daya yang berkeadilan bagi MMSGI yaitu cara kerja transisi daya dengan mengutamakan ketahanan daya melalui daya ketika ini dan daya masa depan, yaitu daya baru terbarukan. itu, rencana ini cakap memberdayakan ekonomi masyarakat yang bergantung pada industri daya fosil menjadi industri yang tangguh dan mandiri.

“MMSGI telah mengerjakan investasi signifikan untuk pengembangan smelter nikel untuk bahan baku baterai serta memiliki pembangkit listrik daya surya dalam rangka mendorong pengembangan ekosistem daya hijau,” kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (6/6/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *