Jawaban NBA Soal Kemungkinan Gelar Perlombaan Global Games di Indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara yang mendapatkan perhatian dari NBA. Sudah 10 tahun, organisasi pimpinan Adam Silver tersebut menggelar program Jr NBA Indonesia, sebuah program pelatihan untuk pebasket muda.

Sesudah Jr NBA Indonesia berhasil selama 10 tahun, muncul isu bakal ada NBA Global Games di Indonesia. Isu yang bertiup akan terjadi di Jakarta pada tahun 2026.

NBA Global Games ialah perlombaan pramusim atau musim reguler NBA yang digelar di luar Amerika Serikat. Umumnya akan mempertemukan dua tim NBA beradu tanding di sebuah negara. Beberapa lokasi NBA Global Games antara lain Meksiko, Inggris, Prancis, Jepang, India, Uni Emirat Arab sampai China.

Kebetulan Indonesia memang sudah mempunyai venue bola basket berkapasitas besar lebih dari 15.000 penonton ialah Indonesia Gelanggang. Venue tersebut ialah lokasi spaceman slot penyelenggaraan Piala Dunia FIBA 2023 yang berhasil besar.

Sheila Rasu, selaku Head of Fan Acquisition & Engagement NBA Asia, tidak menyampingkan adanya kemungkinan NBA Global Games diadakan di Indonesia. Sheila mengakui memang ada pembicaraan untuk memperbanyak NBA Global Games di Indonesia.

\\\”Ya, ada banyak pembicaraan perihal Global Games kami. Aku tidak dapat menentukan apa pun, tapi yang pasti kami terus menjajaki kemungkinan untuk menghadirkan lebih banyak perlombaan NBA ke Asia. Dan tentu saja Indonesia ialah salah satunya, tapi belum ada yang dikonfirmasi ketika ini,\\\” menjawab pertanyaan di jeda-jeda Jr NBA Indonesia Week di GOR Soemantri, Minggu (2/6/2024).

NBA Puas dengan Perkembangan Basket di Indonesia

Di Asia Tenggara sendiri, NBA belum pernah menggelar NBA Global Games. Indonesia dapat menyelesaikan sejarah sebagai negara pertama yang mementaskannya.

NBA sejauh ini puas dengan perkembangan bola basket di Indonesia. Walaupun belum dapat menggusur tren sepak bola. \\\”Ini ialah olahraga ketiga yang paling banyak dimainkan antara usia 13 sampai 17 tahun, jadi di kalangan anak muda, ini amat populer,\\\” tutur Sheila.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *