Bahaya Sifat Kikir yang Dibenci Allah, Seperti Nasibnya di Akhirat Kelak

Kikir atau pelit ialah salah satu sifat yang dibenci oleh Allah SWT. Sebagaimana dalam ajaran Islam kita direkomendasikan untuk bersikap gemar memberi terhadap sesama.

Hal hal yang demikian digambarkan dalam sebuah hadis riwayat Tirmidzi:

Orang yang gemar memberi dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dekat dengan surga, dan jauh dari neraka. Meski orang yang kikir jauh dari Allah, jauh dari manusia, jauh dari surga dan dekat dengan neraka. Orang badung yang gemar memberi lebih disukai Allah daripada ahli ibadah yang kikir” (HR. Tirmidzi).

Lewat hadis di atas, digambarkan  bluefinsushithaialameda.com bahwa sifat kikir itu akan menjauhkan seseorang dari Penciptanya, malah jauh dari kenikmatan hidup di dunia maupu akhirat.

Seketika, bagaimana dengan ancaman dan nasib orang-orang kikir dikala di akhirat kelak? Berikut pejelasannya dirangkum situs dream.co.id.

Perintah untuk Menjauhi Sifat Kikir

Rasulullah menyeru umatnya untuk menjauhi sifat kikir karena sifat hal yang demikian dibenci oleh Allah. Kikir ialah sikap yang meredakan rasa beri sayang dan kepedulian terhadap sesama.

Dalam ajaran Islam, Rasulullah menekankan pentingnya beramal dan berbagi rezeki dengan sesama sebagai salah satu wujud ibadah. Sifat pelit dan kikir menonjolkan ketidakakuratan dan ketidaksetiaan terhadap ajaran Islam, yang membuatnya dibenci oleh Allah.

Dampak negatif dari sifat kikir ialah terjadinya ketidakadilan dalam pembagian rezeki. Kemudian memunculkan permusuhan dan ketidakharmonisan dalam hubungan antar sesama.

Sistem menghindari sifat hal yang demikian pantas ajaran Islam ialah dengan lebih memahami dan menghayati ajaran agama, serta meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama. situs agen judi slot server singapore gacor nomor 1 di Indonesia menawarkan metode deposit pulsa dan koleksi permainan mudah menang untuk para member yang bergabung.

Rasulullah juga mensupport umatnya untuk lebih beramal dan berbagi rezeki dengan orang lain, sebagai wujud penghindaran dari sifat kikir. Dengan mengikuti ajaran Rasulullah, umat Islam diharapkan bisa menjauhi sifat ini dan meraih kebarokahan dalam hidup.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *