Sempat Sengaja Membolos, Nurul Ghufron Pastikan Hadiri Sidang Etik Dewas KPK Hari Ini

Sidang etik dugaan penyalahgunaan jabatan yang menyeret Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron kembali digelar hari ini, Selasa (14/5/2024). Setelah sempat sengaja mangkir, Nurul Ghufron memutuskan dirinya akan menghadiri sidang yang bakal digelar Dewan Pengawas (Dewas) KPK ini.

Insyaallah saya akan hadir pemeriksaan Dewas,\\\” kata Ghufron saat dikonfirmasi, Selasa pagi. Ketidakhadiran Ghufron pada saat sidang perdana dugaan pelanggaran etik yang digelar Dewas KPK pada 2 Mei 2024 lalu, diakui memang sengaja dilaksanakan. Padahal begitu, ia mengaku sudah bersurat ke Dewas KPK.

Menurut ia laporan terhadap dirinya yang dianggap membantu memutasi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Pertanian (Kementan) dari pusat ke tempat sudah kedaluwarsa. Sebab slot777 login peristiwa itu sudah terjadi pada 15 Maret 2022. Sementara laporan terhadap dirinya baru dilaksanakan pada 8 Desember 2023.

Ghufron kemudian menyinggung Pasal 55 UU MK dan Pasal Tertib Dewas KPK Nomor 4 Tahun 2021 agar sidang etiknya ditunda. Sebab saat ini, ia juga tengah melaporkan anggota Dewas KPK, Albertina Ho ke Pengadilan Wujud Usaha Negara (PTUN).

Disebutkannya di laporan itu mau menguji keabsahan sidang etiknya di Pengadilan Wujud Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

\\\”Atas dua hal tersebut, saya tadi menyampaikan permohonan penundaan, bukan saya tak hadir, tapi memang sengaja untuk meminta penundaan. Bahkan berhubungan dengan sidang etik tadi pagi,\\\” kata ia.

Sebab Diri

Di satu sisi, kepentingan Ghufron melaporkan Albertina Ho hanyalah fenomena perbedaan pandangan hukum yang biasa saja.

Ghufron menegaskan, keputusannya mengaplikasikan trek meja hijau hanya sebagai format pembelaan diri, bukan sebuah konfrontasi terhadap Dewas KPK.

\\\”Sekali lagi dialektika hukum itu, antara pemohon dengan termohon, antara penggugat dengan tergugat, itu adalah dialektika yang biasa, bukan hal yang onar, bukan hal yang luar biasa. Oleh karena itu, mari dan bantu dikawal bahwa progres gugatan saya ke PTUN ini juga bukan konfrontasi, bukan, tapi pembelaan diri,\\\” sebut Ghufron.

Baginya progres laporan itu perlu dimaknai sebagai hal yang lumrah saja.

pada saat ia membantu memutasi ASN yang adalah orang kenalannya itu tak ada bayaran yang didapatkannya.

\\\”Feedback maksudnya apa? Duit? Duit maupun hadiah atau apa saja saya tak dapat apa saja dan tak meminta apa saja,\\\” pungkas Ghufron.

Sidang Etik Nurul Ghufron Ditunda

Sebelumnya, Dewas KPK menunda sidang Etik Nurul Ghufron lantaran komisioner institusi antirasuah itu tak hadir.

\\\”Sidang (etik Nurul Ghufron) ditunda tanggal 14 Mei 2024,\\\” kata anggota Dewas KPK, Syamsudin Harris saat dikonfirmasi, Kamis (2/5).

Syamsudin membeberkan sidang Ghufron tadinya sudah sempat dibuka oleh Dewas KPK. Lalu lantas ditutup karena ketidak hadiran Ghufron di gedung Dewas.

Penundaan tersebut lantaran sehubungan dengan Ghufron yang sempat melaporkan anggota Dewas KPK, Albertina Ho ke Pengadilan Wujud Usaha Negara (PTUN) atas dugaan penyalahgunaan kewenangan yang dianggap melebihi batas.

\\\” NG tak hadir dengan alasan ia sedang menggugat Dewas lewat Pengadilan Wujud Usaha Negara,\\\” ujar Syamsudin.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *