Makanan Khas Pangkalpinang Ini Bikin Kamu Nggak Berhenti Bikin Kamu Ngunyah

Sudahkah kau merencanakan tujuan wisata akhir tahun nanti? Jika belum, kota Pangkalpinang dapat jadi alternatif destinasi wisata yang menarik. Kecuali menyuguhkan pemandangan alam yang cantik, makanan khas Pangkalpinang juga tak kalah menggugah selera.

Berada di daerah kepulauan, wilayah berjuluk Kota Beribu Senyuman ini menawarkan aneka olahan makanan laut sebagai hidangan khasnya. Tulisan ini akan memuat slot mahjong daftar makanan khas Pangkalpinang yang seharusnya kau cicipi dikala berkunjung ke ibu kota Provinsi Bangka Belitung ini.

Yuk, intip apa saja makanannya!

Daftar Makanan Khas Pangkalpinang
Sebab dahulu yaitu komponen dari Provinsi Sumatera Selatan, sebagian makanan khas Palembang seperti pempek, mudah Kamu dapatkan di kota ini. Lalu, apa saja makanan khas Pangkalpinang?

  1. Lempah Kuning

Relomendasi makanan khas daerah Pangkalpinang yang pertama yaitu lempah kuning. Lempah berarti kuliner berkuah, padahal kuning maksudnya warna dari makanan ini yang berasal dari bumbu kunyit.

Lempah kuning dengan bahan ikan tenggiri yaitu salah satu yang populer dari kuliner ini. Perpaduan rasa asam dari nanas, kuahnya yang pedas, dan gurihnya daging ikan, menciptakan menu ini pantas untuk lauk santap siangmu.

Nah, uamu yang tak suka anyirnya ikan, jangan kuatir, campuran bumbu khas pada kuliner ini menjadikannya tak anyir sama sekali.

Kamu dapat menemukan makanan ini dengan mudah di kios pinggir jalan atau restoran. Cukup membayar mulai dari Rp25.000, tergantung macam ikan serta ukuran ikan.

  1. Roti Panggang Bangka

Padahal mkanan laut yaitu ciri khas makanan Pangkalpinang, tapi kota yang satu ini juga mempunyai kudapan manis, yaitu roti panggang. Roti panggang Bangka mirip dengan roti bakar pada lazimnya, tapi dengan bentuk roti yang lonjong seperti roti hot dog.

Kamu dapat menemukan roti panggang pada penjual gerobak pinggir jalan atau kios kopi. Masakan ini termasuk ramah di kantong, karena harganya cuma mulai dari Rp5.000 per buah, tergantung selai atau topping yang kau minta.

  1. Mie Koba

Salah satu makanan khas Bangka Belitung yang seharusnya kau coba seandainya melancong ke Pangkalpinang yaitu mie koba. Sebenarnya, mie koba yaitu mie yang berasal dari kota Koba, ibu kota kabupaten Bangka Tengah, yang berjarak sekitar 1 jam dari Pangkalpinang.

Mie koba yang ada di Pangkalpinang lazimnya yaitu perpaduan antara mie dengan kuah dari kaldu ikan tenggiri, serta campuran kecambah, seledri dan taburan bawang goreng. Yang membuatnya spesial, padahal dari kuahnya dari ikan, mie ini tak meninggalkan bau anyir sama sekali.

Lazimnya penjual mempersembahkan makanan ini bersama jeruk kunci, semacam jeruk kecil khas Bangka dan telur rebus. Jika sedang berada di Pangkalpinang, kau seharusnya mencoba makanan ini. Harga makanannya sendiri mulai dari Rp15.000 per porsi tanpa telur.

  1. Otak-Otak Panggang

Masih dengan makanan khas Pangkalpinang yang bahan utamanya ikan, yaitu otak-otak panggang. Otak-otak yaitu gabungan antara daging ikan, bumbu-bumbu, santan dan tepung sagu, yang semuanya dibungkus dengan daun pisang seperti lemper kecil.

Sesudah itu, otak-otak akan dipanggang dan dipersembahkan bersama saus pedas kacang atau kuah taoco. Lazimnya, ikan yang diterapkan yaitu ikan tenggiri.

Gurihnya ikan, bercampur bebauan asap karena dipanggang, serta pedasnya saus pedas, membuat mulut sulit stop ngunyah seandainya menyantap camilan ini.

Ada banyak penjual otak-otak ikan di pinggiran kota Pangkalpinang, tapi tak semuanya berbahan ikan tenggiri. Kamu dapat membelinya untuk disantap di daerah atau sebagai oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp3.500 per buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *